8 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Blogging

123
Saya ingin menshare tips cara BerBlogging Sehat yaitu 8 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Blogging
8 itu harus dihindari agar blog anda dapat bertumbuh dengan baik
1.Nge-blog tanpa rencana planning)
Sebuah rencana sangat penting untuk segala kegiatan dan pekerjaan, termasuk dalam blogging. Rencana disini bukan berarti sesuatu yang harus kompleks, akan tetapi lebih kepada susunan awal mengenai apa yang dilakukan ketika akan ngeblog, apa yang akan ditulis, apa yang akan disuguhkan kepada pembaca, apa tujuan dari artikel dan seterusnya hingga tujuan dari blog yang dibuat itu sendiri. Planning atau rencana akan menentukan banyak tahapan langkah selanjutnya ketika ngeblog dan membawa konsistensi dan semangat yang kuat. Buatlah rencana sesederhana apapun itu.

2. Menulis blog tanpa semangat dan tanpa menggunakan hati
Menulis artikel adalah suatu kegiatan yang menyenangkan apabila dilakukan dengan tulus. Seperti halnya anda menulis di buku diary, menulis blog merupakan sebuah kreativitas yang yang tidak bisa mengesampingkan hati. Perasaan ketika menulis, emosi yang disampaikan, dan dipadu dengan kekuatan otak akan menghasilkan tulisan yang benar-benar berbicara dan bukan hanya nampak sebagai tulisan, di situlah semangat akan muncul. Menuliskan apa yang dipahami dan merupakan kegemaran akan nampak lebih hidup dan dapat ditulis dengan cepat daripada tulisan yang hanya ditulis karena tuntutan mengisi dan menambah artikel blog.

3. Blogging tanpa bersosialisasi (social networking)
Blogging tidak hanya melulu kegiatan yang berfokus pada menulis di blog tanpa keluar dari "tempurung. Blogging dikenal sebagai salah satu sarana sosialisasi di dunia maya. Sosialisasi ini seperti layaknya jika kita membangun persahabatan di dunia nyata. Kita dapat bermain bersama, berdiskusi, berkomentar, bahkan mungkin juga berdebat untuk mencari suatu jalan keluar. Aktiflah berkomentar di blog lain, mengikuti forum-forum, direktori, social bookmark, komunitas-komunitas blogging dan social network lainnya. Tujuannya bukan untuk membuat eksklusivitas, tetapi lebih kepada pergaulan. Saya sendiri juga tidak setuju dengan komunitas eksklusif yang membeda-bedakan antara amatir dan professional sehingga seolah-olah ada selebriti dan para fans-nya.

4. Memuat artikel curian/copy-an tanpa sepengetahuan penulis aslinya
Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah membayangkan bagaimana perasaan seorang penulis blog mengetahui bahwa salah satu artikelnya dicuri tanpa permisi dan tanpa mencantumkan link sumber/artikel aslinya. Tentu saja akan sangat menyakitkan apabila dengan susah payah dia telah mencurahkan seluruh ide/gagasan, perasaan, observasi yangdikumpulkan sebagai modal dalam menuliskan artikel tersebut. Boleh saja seorang blogger bilang, "Ah itu sah-sah aja, ngapain sih diributin?" Bahkan ada komentar yang saya terima di blog ini yang isinya: "Dasar lo blogger pelit!" Saya hanya menggelengkan kepala, dan karena tidak ada nama (anonymous) dan tanpa link, komentar tersebut saya hapus. Pelit? Kalau di logika siapa yang pelit, saya sebagai penulis artikel asli yang telah dia kopi tanpa permisi, atau dia yang telah copy-paste artikel tanpa ijin dan tanpa memberi link back? Saya kira, jawabannya telah jelas dengan sendirinya. Artikel yang tidak asli memiliki konsekuensi besar terhadap kredibilitas pemilik blog, karena jika tidak ada penguasaan dan pemahaman yang cukup, dan secara etika salah, maka pengunjung pun akan menilai yang sesuai kok. Percaya lah. Dan pertanyaanya,  seberat apa sih memberikan link sumber?
Blogging erat dengan kreativitas, dan pada tahap inilah letak dimana anda dapat mengembangkan kreativitas dan kredibilitas, atau sebaliknya, justru menurunkan kualitas serta kredibilitas diri anda sendiri sebagai seorang Blogger. Dan poinnya: segala sesuatu, termasuk uang, dapat dicapai dengan mudah jika menggunakan kreativitas dan kredibilitas yang tinggi.
5.Lama sekali tidak update artikel/posting.
Blogging adalah tentang menyampaikan pemikiran, informasi, pendapat, solusi, cerita, dan lain sebagainya. Jika blog lama sekali tidak di update, maka bisa dibilang blog bukanlah menjadi pilihan seseorang (yang katanya blogger) untuk menyampaikan hal-hal tersebut. Selain itu, jika suatu blog telah memiliki pengunjung tetap, tentu saja ini akan menyebabkan kekecewaan. Ujungnya nih, search engine juga jadi malas untuk mengunjungi dan melihat kalau-kalu ada update baru. Update artikel semampu waktu anda, kecuali jika memang ada halangan yang tidak bisa dihindari, dan tentu saja bukan karena "malas". Yang penting jangan sampai berbulan-bulan hingga bertahun-tahun ditinggalkan.

6. Blogging hanya untuk uang dan berlebih-lebihan (over-monetized)
Siapa yang tidak suka uang? Pasti tidak ada. Akan tetapi, jika blogging semata-mata hanya untuk uang, maka inti dari kegiatan blogging itu sendiri dapat rusak. Bayangkan jika seorang bloger hanya berbicara tentang uang, uang, dan uang di dalam blognya tanpa ada satupun artikel yang menarik dalam hal lain, tentu saja pengunjung akan bosan. Motivasi untuk uang, sah-sah saja. Tetapi jangan sampai anda terpaku pada itu dan melupakan semuanya, bahwa hakikatnya blogging adalah menuliskan sesuatu yang menarik di dalam blog (english: to blog) dalam sudut pandang personal penulisnya. Hindari mengisi seluruh bagian blog dengan hal-hal yang hanya berbau monetisasi karena akan sangat mengganggu pandangan dan juga memperlama waktu loading blog. Sesuatu yang menghasilkan uang bukan melulu tentang uang itu sendiri, namun banyak hal kreatif lainnya, termasuk artikel yang kreatif.

7. Menggunakan widget yang terlalu berlebihan dan tanpa motivasi jelas (over-widgetized)
Salah satu faktor yang membuat pengunjung nyaman adalah tampilan blog. Sebuah blog yang terlalu banyak widget justru dapat membuat pengunjung tidak betah. Ada dua alasan dalam hal ini: Pandangan yang tidak fokus dan waktu loading yang lama. Dalam beberapa artikel sebelumnya saya telah menyinggung bahwa file gambar dan javascript yang terlalu banyak dan besar ukurannya dapat mempengaruhi page load time. Satu hal yang terkadang sangat mengganggu bagi saya adalah ketika masuk blog yang menggunakan widget music (mp3), bisa dipastikan membaca artikel membaca artikel menjadi tidak fokus dan loading yang berat pula. Bagi pengunjung yang internetnya pake kuota jumlah file, tentu saja mereka akan lebih pikir-pikir lagi karena membuka blog berwidget musik akan menguras banyak kuota internetnya. Hindari pengguaan widget yang tidak berpengaruh apapun terhadap penilaian pengunjung. Maksimalkan widget untuk fungsi navigasi ataupun social networking. Satu-satunya cara show off yang paling manjur efeknya bagi blog dan blogger, adalah menyuguhkan artikel yang berkualitas.

8. Menulis untuk Google dan bukannya untuk Pengunjung
Sebuah blog yang SEO-nya bagus tentu menyenangkan. Tapi, jika bagi pengunjung blog tersebut tidak memiliki nilai, tentu perlu dipertanyakan. Apakah motivasi blog itu dibuat? Hanya agar terindeks Google dan memiliki SERP yang baik? Apakah sebuah blog tidak membutuhkan pengunjung dan memberi isi yang sepadan setelah seorang pengunjung menemukanya di pencarian Google? Jika hanya untuk bermain keyword, SERP, dan SEO, sepertinya akan banyak mengesampingkan kebutuhan pengunjung itu sendiri, yang merupakan target sesungguhnya dari blog. Buatlah artikel yang motivasinya untuk pengunjung terlebih dahulu sehingga memiliki nilai (value). Baru setelah itu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan SEO, baik mengedit keywordnya, melakukan promosi dan link building, dan sebagainya.

Punya ide lain untuk ditambahkan? Silakan sampaikan melalui komentar,  kesempatan seluas-luasnya terbuka untuk anda.

sumber : bukarahasiablog

67 comments

December 30, 2012 at 6:36 AM  

makasih infonya..

Selamat Tahun Baru 2013, Salam Sejahtera, Salam Sehat Selalu dari Member Republik Blogger Nusantara (Darmawan Saputra)

December 30, 2012 at 6:36 AM  

izin bookmark sob..

Selamat Tahun Baru 2013, Salam Sejahtera, Salam Sehat Selalu dari Member Republik Blogger Nusantara

January 3, 2013 at 11:04 PM  

hmmm dulu ane gitu tp skarang brubah sjak negara api mnyerang *loh

January 3, 2013 at 11:09 PM  

info yg bermanfaat gan :D

January 3, 2013 at 11:13 PM  

Thanks atas informasi yang sangat bermanfaat ini gan,,,
keep blogging

January 3, 2013 at 11:16 PM  

nice info sob...

#salam bloggeeeeeerrrrr... http://dotomoshare.blogspot.com/

January 4, 2013 at 12:00 PM  

Wah keren mastutornya, sip thx !

January 6, 2013 at 1:44 PM  

Wekekekek ane suka tuh pembahasannya, ane juga paling tidak suka dengan hal di atas... :D

January 6, 2013 at 3:35 PM  

Ohh lumayan nih info... patut di pahami nih ihhiiih :D

January 6, 2013 at 4:35 PM  

sebisa mungkin saya hindari yang sudah om roy infokan..

salam anggota PBI :D

January 6, 2013 at 4:39 PM  

Dulu ane sering banget sama nomer 7 ^^
Tapi sekarang , ane dah kurangi diikit" widget yang kurang perlu^^

Nice tips^^

January 6, 2013 at 4:43 PM  

tips-tipsnya bermanfaat sekali bagi newbie seperti saya ini..

thanks gan..

Anonymous
January 10, 2013 at 2:31 AM  

hahhahahahahha,,
blog kk bagus bgt,apa lgi templatenya...,,,,
tapi sayang blog ku adalah yg ke 6 dari artikel kk...
huft!

January 10, 2013 at 3:03 PM  

mantab sob artikelnya...
terima kasih ya

January 11, 2013 at 5:03 AM  

mantab, nice...

January 12, 2013 at 8:15 PM  

saya setuju,terutama poin

January 13, 2013 at 5:45 PM  

terima kasih sebelumnya, poin poinnya pernah ane alamin waktu ane masih jadi pemula :P

Salam Sejahtera, Salam Sehat Selalu dari Member Republik Blogger Nusantara (Oktariandi)

January 13, 2013 at 6:48 PM  

mantap bro kunjungan baliknya www.naufalthedarkness.blogspot.com

January 15, 2013 at 3:55 AM  

Tulisanya bermanfaat banget nih :)

January 29, 2013 at 6:46 PM  

Blognya keren abisss :D

February 14, 2013 at 7:12 PM  

Mantep http://maczcandraman.blogspot.com/2012/08/informasi-paasang-iklan-di-blog.html

February 14, 2013 at 7:20 PM  

kalo saya ngeblog buat kesenangan semata gan hehe, dan mencari pengetahuan yang baru

thx infonya sangat bermanfaat coment back ia and jangan lupa follow jga untuk mempererat pertemanan di dunia maya http://rizkyadipranata04.blogspot.com/
salam indonesia blogger gan...

February 14, 2013 at 7:25 PM  

Nice Post Gan...

http://syber-xp.blogspot.com

Anonymous
February 14, 2013 at 7:48 PM  

bener gan, setuju, makasih atas infonya !

February 15, 2013 at 4:50 PM  

Nice Info Sob

visit and comment klau bisa di follow
http://zona-dikhy.blogspot.com/

February 16, 2013 at 4:09 PM  

wahh hebat master,saya jadi tambah ilmu nihh

February 16, 2013 at 4:49 PM  

=p* just see

February 17, 2013 at 8:21 AM  

wah thanks gan infonya2 kalo saya sendiri ngebolg cuma buat have fun aja gan heheehe

Anonymous
February 17, 2013 at 3:45 PM  

Wuih blognya keren banget sob \o/

February 21, 2013 at 7:12 PM  

sepz gan keren

http://www.walangstyle.com/

February 21, 2013 at 7:19 PM  

Nice artikel gan

February 21, 2013 at 7:30 PM  

Makasih banyak ya sob atas tipsnya, bermanfaat.. ;)

February 21, 2013 at 8:14 PM  

Nice Info

coment back http://blognya-adavirus.blogspot.com/2013/02/template-gk-ada-namanya-xd.html

February 21, 2013 at 9:47 PM  

siip.. bener banget gan,..
mampir balik ya ;)

February 22, 2013 at 3:47 PM  

wah setuju banget deh gan ,,

February 22, 2013 at 6:18 PM  

Kunjungan baliknya selalu saya tunggu, dan jangan lupa untuk menambahkan saya kedalam lingkaran G+ anda, terima kasih...

Anonymous
February 23, 2013 at 12:08 PM  

Wah bagus juga nih, terima kasih gan :D
Jangan lupa mampir ke blog saya ya di http://sharing4rt.blogspot.com/

February 23, 2013 at 12:25 PM  

Sangat setuju gan,

Blogg nya bagus banget, Ringan Pula.

February 24, 2013 at 8:02 AM  

artikel bermanfaat
blogwalking : http://wizard-game.blogspot.com/

February 24, 2013 at 8:23 AM  

Nice share gan..
mampir balik yah ke http://www.maruco27.com

February 24, 2013 at 8:27 AM  

anonimous memang sialan dan tak bertanggung jawab, good share dan artikel yang penuh manfaat nya, semoga kamu visit back blog aku

Anonymous
February 24, 2013 at 8:33 AM  

wah jadi semangat lagi nih untuk blogging \m/

Anonymous
February 24, 2013 at 8:39 AM  

keyen blorgnya sob...

February 24, 2013 at 9:38 AM  

Seepp bermanfaat nih!

Ziarah balik sob!
http://lutfiezard.blogspot.com/

February 24, 2013 at 10:16 AM  

Cetar! Banget Deh Infonya ...

Kunjungan baliknya selalu saya tunggu, dan jangan lupa untuk menambahkan saya kedalam lingkaran G+ anda, terima kasih...

Anonymous
February 24, 2013 at 11:57 AM  

Thx gan infonya

February 24, 2013 at 11:59 AM  

bener banget gan, saya setuju btw blognya keren gan...

Anonymous
February 27, 2013 at 1:51 PM  

no 3 ane garis bawahi mastah! bener banget tuh facebook. G+, Twit dll kalo gak dimanfaatin

February 28, 2013 at 11:19 AM  

Terima kasih sob ... Informasinya Sangat Bermanfaat!

Kunjungan baliknya selalu saya tunggu, dan jangan lupa untuk menambahkan saya kedalam lingkaran G+ anda, terima kasih ...

February 28, 2013 at 3:28 PM  

nice info gan

February 28, 2013 at 3:30 PM  

mantap

jadi pengen belajar lebih lagi gan

February 28, 2013 at 10:51 PM  

Numpang promo sob, Yuk ikutan bisnis online low risk tanpa perlu invest kita langsung mendapatkan dollar.
Cocok untuk pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga bisa mendapatkan dollar sambil bersantai browsing internet.
Silahkan lihat di blog saya http://tentangklikptc.blogspot.com/

March 1, 2013 at 12:06 PM  

Mantap infonya manjur smua. Tq sob.

March 1, 2013 at 1:42 PM  

Nice post admin!

March 4, 2013 at 8:41 AM  

Mengagumkan sekali Artikelnya Gan \m/ ^o^

April 4, 2013 at 12:59 PM  

gara gara lama update artikel visitor turun drastis T_T dari 1000 perhari jadi 400-an doang T_T

Anonymous
April 14, 2013 at 4:37 PM  

ty gan infonya, ane mau kasih masukan...

1. mohon backgroundnya diganti sama warna yang lembut (sakit dimata ni)
2. ama warna Fontnya diganti juga

cuma masukan aja kak

April 14, 2013 at 4:42 PM  

@jokerteam-child masukan diterima makasih banget

kebetulan saya lagi edit2 template masukannya akan saya terima dan memperbaikinya :)

Anonymous
April 14, 2013 at 4:59 PM  

waduuh,, banyak sekali kekurangan saya dalam bloging, contohnya jarang update,,

salam sukses..

Anonymous
April 14, 2013 at 5:08 PM  

menarik nih

April 14, 2013 at 5:37 PM  

rainbooww template
great!!..

April 14, 2013 at 7:20 PM  

@nahap.com terimakasih atas kunjungannya sobat :)

heheh sering2 update postnya sob minimal 3 perminggu (y) hehe

April 14, 2013 at 7:21 PM  

@dikyandrean15a heheh thx sob :)

April 14, 2013 at 7:21 PM  

@Zul Fikar T_T thx

December 24, 2013 at 11:09 PM  

kereenn gan komen balik yaa http://blog-ampuh.blogspot.com/2013/12/cara-membuat-blog-menjadi-dofollow(.)html

February 17, 2014 at 11:49 AM  

Ijin Masuk Kang....
Warning Blogger
Mantap tuch, thanks.

March 1, 2014 at 4:00 PM  

Terimakasih Gan Infonyya..
Kunjung balik ya officialabidin.blogspot.com

Post a Comment

Silakan Coment Di Bawah Untuk Dapatkan BACKLINK Gratis!!. DOFOLLOW!!
Comment tidak memakai kode verifikasi
Aturan :
- No Live Link
- No Anonymous
Anda Juga Bisa Tukar Link disini Dengan Saya Silakan Coment Di Bawah Ya !!

 
Copyright © 2013 Skizomia Blog | Design by Skizomia Blog